Matematika berasal dari
kata mathema dalam bahasa Yunani yang
diartikan sebagai sains, ilmu pengetahuan
atau belajar. Juga dari kata mathematikos yang diartikan sebagai suku belajar. Matematika adalah kumpulan
konsep yang mempunyai struktur sistematis, urut dengan alur logika yang jelas
dan mempunyai hirarki antara 1 konsep dengan yang lain, maksudnya antara 1
konsep dengan konsep yang lain saling menunjang dan berhubungan.[1]
Jadi, dalam belajar matematika harus diketahui yang awal untuk menyelesaikan
masalah pada konsep selanjutnya.
Beberapa defenisi atau pengertian tentang matematika
yaitu :
a.
Matematika
adalah cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara sistematik
b.
Matematika
adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi
c.
Matematika
adalah pengetahuan tentang penalaran logic dan berhubungan dengan bilangan
d.
Matematika
adalah pengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang
dan bentuk
e.
Matematika
adalah pengetahuan tentang struktur-struktur logic
f.
Matematika
adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat.[2]
Mempelajari
materi-materi matematika tidak cukup hanya dipelajari dengan membaca saja.
Suatu teorema, dalil, sifat ataupun suatu defenisi untuk dapat memahaminya
memerlukan waktu dan ketekunan. Jika perlu materi matematika sering kali kita
terpaksa harus berulang-ulang membacanya sehingga memahami maknanya padahal
tidak jarang hanya terdiri dari satu kalimat saja. Memahami konsep matematika
perlu memperhatikan konsep-konsep sebelumnya. Matematika tersusun secara
hirearki yang satu sama lain berkaitan erat. Konsep lanjutan tidak mungkin
dapat dipahami sebelum memahami dengan baik konsep sebelumnya yang menjadi prasyarat.
Dalam
Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Matematika yang dewasa ini dipakai
dikemukakan bahwa tujuan khusus pengajara
matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah :
1)
Memiliki
kemampuan yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan matematika.
2)
Memiliki
pengetahuan matematika sebagai bekal untuk melanjutkan ke pendidikan menengah
umum.
3)
Memiliki
keterampilan matematika sebagai peningkatan dan perluasan dari matematika
sekolah dasar unntuk dapat digunakandalam kehidupan sehari-hari.
4)
Mempunyai
pandangan yang cukup luas dan memiliki sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan
disiplin serta menghargai kegunaan matematika.
No comments:
Post a Comment