NO
|
Kelebihan tugas kelompok
|
Kekurangan tugas kelompok
|
1
|
Secara mental siswa merasa tenang dalam
menyelesaikan tugasnya.
|
Dalam satu kelompok pasti terdapat siswa yang
tidak turut mengerjakan tugas tersebut.
|
2
|
Penyelesaian tugas lebih mendalam dan sempurna
karena hasil pemikiran beberapa orang.
|
Kurang terlihat kemampuan peroranagan.
|
3
|
Siswa terlatih untuk mengerjakan secara team.
|
Seringkali terjadi motivasi untuk mengerjakan
tugas rendah karena lemahnya tanggung jawab pribadi.
|
4
|
Siswa terlihat aktif dalam proses belajarnya dan
lebih mudah menerima materi.
|
Jika dalam kelompok tidak ada yang pandai maka
tidak akan menghasilkan sesuatu dan proses belajar menjadi tidak efektif.
|
5
|
Siswa dapat berlatih berani mengemukakan pendapat
di depan umum secara sistematis dan menghargai pendapat yang lain.
|
Memerlukan waktu yang lama.
|
6
|
Menanamkan rasa persatuan dan solidaritas tinggi
sebab siswa yang pandai dalam kelompok dapat membantu siswa lain dalam satu
kelompok.
|
Bila terdapat siswa yang pemalas dalam satu
kelompok besar kemungkinan mempengaruhi peranan kelompok sehingga usaha
kelompok tidak berfungsi sebagaimana mestinya
|
7
|
Kegiatan pengelompokan siswa yang dilakukan
secara tepat dan wajar akan meningkatkan kualitas kepribadian siswa dalam hal
kerja sama saling menghargai pendapat orang lain, toleransi, berpikir kritis,
disiplin.
|
Metode ini memerlukan persiapan yang lumayan
rumit bila dibandingkan dengan metode yang lainnya.[1]
|
NO
|
Kelebihan
tugas individu
|
Kekurangan
tugas individu
|
1
|
Siswa lebih mandiri.
|
Penyelesaian tugas kurang
mendalam dan kurang sempurna karena hasil pemikiran perorangan.
|
2
|
Siswa lebih mengekspresikan
seluruh kemampuannya.
|
Apabila terdapat tugas yang
kurang diminati, siswa malas untuk menyelesaikan.
|
3
|
Siswa lebih bertanggung jawab
terhadap penyelesaiannya tugasnya.
|
Bagi siswa yang kurang memiliki
kepercayaan diri tidak mampu menyelesaikan tugasnya.
|
4
|
Sangat terlihat kemampuan
masing-masing siswa.
|
Siswa harus ada kesiapan dan kematangan
mental untuk mengerjakan tugasnya.
|
5
|
Siswa yang pandai akan maju
terus tanpa harus menunggu siswa yang kurang pandai, dan siswa yang kurang
pandai tidak harus menggunakan waktu yang sama dengan teman-teman untuk
memahami suatu konsep.
|
Jika proses belajar hanya
dilakukan secara perorangan dan tak pernah ada kelompok siswa menjadi egois
dan tak dapat kerjasama.
|
6
|
Minat perorangan dapat
terpenuhi dan memungkinkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses
belajarnya.
|
Kontak pribadi antara guru dan
siswa berkurang.
|
7
|
Siswa dapat memilih sumber
belajarnya sendiri.
|
Guru harus dapat mengetahui
jalan pikiran dan perkembangan siswa secara individu dengan memberikan sumber
belajar yang relevan.[1]
|
[1] Ibrahim, Evaluasi
Pembelajaran, (Jakarta: Rhineka Cipta, 2012), h. 56.
No comments:
Post a Comment